Prodi Pendidikan Agama Islam

VISI MISI DAN PROFIL LULUSAN PRODI PAI


VISI

Membentuk Sarjana Pendidikan Agama Islam yang nasionalisme, akhlakul karimah dan  pengelola pembelajaran berbasis teknologi informasi tahun 2024" 

MISI

  1. Menyelenggarakan  pendidikan dan pengajaran yang menumbuhkan nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi;
  2. Menyelenggarakan  penelitian yang mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi;
  3. Menyelenggarakan  pengabdian masyarakat yang mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi;
  4. Menyelenggarakan pengelolaan lembaga dan kerjasama yang akuntabel guna mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi.

TUJUAN 

  1. Menghasilkan  pendidikan dan pengajaran yang mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi
  2. Menghasilkan penelitian yang mendukung nasionalisme, berakhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi
  3. Menghasilkan  pengabdi pengabdian masyarakat mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pengelola pembelajaran berbasis teknologi informasi
  4. Menghasilkan pengelola lembaga dan kerjasama yang akuntabel guna mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan  pembelajaran berbasis teknologi informasi.

PROFIL LULUSAN 

1. Guru Pendidikan Agama Islam

  • Mampu menganalisis teori-teori fiqh dalam aspek ibadah, muamalah, munakahat, dan siyasah sesuai ajaran Syaikh Abdurrahman Siddik dan  mazhab-mazhab yang diakui dalam Ahlussunah waljamah
  • Mampu menganalisis asbabun nuzul ayat-ayat al-Qur’an terdapat dalam materi ajar PAI
  • Mampu menganalisis asbabul wurud dan tingkat kesahihah Hadis terdapat dalam materi ajar PAI secara manual dan aplikasi
  • Mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam, baik klasik, modern, kontemporer dan Islam di Bangka Belitung
  • Mampu mengkontruksikan teori-teori aqidah dan akhlaq berdasarkan al-Qur’an, Hadis, Ijtihad (ijmak dan qiyas) dengan perkembangan dunia modern berbasis digital  
  • Mampu mengkreasikan pengunaan kaidah-kaidah ilmu Tajwid dalam membaca al-Qur’an
  • Mampu mengkreasikan bacaan ayat-ayat al-Qur’an sesuai kaidah-kaidah ilmu Qiroah
  • Mampu  mempertahankan pelaksanaan tatacara ibadah dan amalan keseharin lainnya (Yasinan, Tahlilan, doa berjamaah dll) sesuai ajaran Syaikh Abdurrahman Siddik dan  mazhab-mazhab yang diakui dalam Ahlussunah waljamaah
  • Mampu menafsirkan makna ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis yang terdapat dalam materi ajar PAI
  • Mampu mengkreasikan hafalan ayat al-Qur’an dalam juz 30  
  • Mampu mengkreasikan penggunaan bahasa Arab dan Inggris dalam pembelajaran PAI secara aktif
  • Mampu menganalisis teori-teori kurikulum PAI sesuai jenis kurikulum corralated, integrated, dan sparated subject curriculum
  • Mampu menganalisis teori-teori psikologi pendidikan   berdasarkan teori Monistik dan Fakulti
  • Mampu menganalisis teori-teori filsafat pendidikan dalam pembelajaran menurut aliran Konservatif, Religius-Rasional, dan Pragmatis
  • Mampu mendesain pembelajaran PAI yang dapat memadukan antara Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative dengan Higher Order Thinking Skill, serta Gerakan literasi sekolah
  • Mampu mengembangkan materi-materi pembelajaran PAI sesuai dengan kebutuhan era manual dan digital  
  • Mampu menganalisis konsep media dan sumber belajar PAI berbasis teknologi informasi maupun manual
  • Mampu mendesain media dan sumber belajar PAI berbasis teknologi informasi maupun manual
  • Mampu mengkreasikan pengelolaan kelas berdasarkan model interaksi sosial, pembelajaran alam, pusat perhatian, dan klasikal
  • Mampu mengkreasikan model- model pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek, berbasis penemuan, dan production basen education
  • Mampu merancang pembelajaran berbasis ICT dengana memanfaatkan media sosial
  • Mampu merancang instrument evaluasi pembelajaran berbasis tes dan non-tes berbasis teknologi informasi maupun manual
  • Mampu mendesain PTK sebagai basis pembelajaran
  • Mampu menunjukkan sikap keteladanan berbasis etika profesi guru Agama Islam
  • Mampu mendesain pembelajaran PAI berbasis tradisi lokal menggunakan huruf Arab Melayu
  • Mampu Mengkreasikan Pembelajaran PAI berbasis tradisi lokal menggunakan huruf arab melayu

2. Peneliti Pendidikan Agama Islam

  • Mampu mengklasifikasikan konsep penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
  • Mampu mendesain penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
  • Mampu  menganalisis data berbasis statistik parametrik dan non-parametrik
  • Mampu merancang instrument penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
  • Mampu mengkreasikan penelitian PAI dalam jenis penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
  • Mampu memainkanperan etika penelitian sesuai norma berlaku dalam bidang penelitian
  • Mampu menyusun karya tulis ilmiah dari hasil penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
  • Mampu mengkreasikan publikasi karya tulis ilmiah sesuai kaidah-kaidah dan standar karya ilmiah lingkup nasional dan internasional

3. Pengelola Lembaga/ Institusi Pendidikan Islam dan Umum

  • Mampu menyusun perencanaan pengelolaan lembaga baik jangka pendek, menengah dan panjang berbasis local wisdom.
  • Mampu menganalisis kebutuhan pengelolaan lembaga pendidikan agama dan umum dengan model analisis organisasi, kinerja, dan kompetensi.
  • Mampu merancang pembiayaan pengelolaan lembaga pendidikan agama dan umum sesuai standar akuntasi pemerintah
  • Mampu mengkreasikan penglolaan dan pengawasan lembaga pendidikan agama dan umum sesuai standar yang ditetapkan pemerintah RI
  • Mampu menyusun asesmen kebutuhan perencanaan pengembangan kelembagaan Model Rasional-Komperehensif dan Model Disjointed-incrementalis 
  • Mampu mengkreasikan pengelolaan konflik kepentingan untuk pengembangan lembaga dengan teori Fungsional, teori fungsionalisme Struktural, dan teori konflik .
  • mampu Mengembangkan Kebijakan Lembaga Pendidikan secara berkelanjutan

4. Penulis Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam 

  • Mampu menganalisis konsep bahan ajar PAI yang mendukung pembiasaan pembelajaran berbasis IT dan pembelajaran mandiri
  • Mampu mengaitkan kurikulum PAI ke dalam bahan ajar yang mendukung pembiasaan pembelajaran berbasis IT dan pembelajaran mandiri
  • Mampu memainkanperan etika  dalam penulisan bahan ajar PAI yang mendukung pembiasaan belajar mandiri
  • Mampu menyusun bahan ajar PAI yang sesuai dengan kurikulum terintegrasi
  • Mampu mengkreasikan publikasi bahan ajar PAI mengguanakn sarana berbasis teknologi informasi