VISI MISI DAN PROFIL LULUSAN PRODI PAI
VISI
“Membentuk Sarjana Pendidikan Agama Islam yang nasionalisme, akhlakul karimah dan pengelola pembelajaran berbasis teknologi informasi tahun 2024"
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menumbuhkan nasionalisme,
akhlakul karimah dan pembelajaran
berbasis teknologi informasi;
- Menyelenggarakan penelitian yang mendukung nasionalisme,
akhlakul karimah dan pembelajaran
berbasis teknologi informasi;
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang mendukung nasionalisme,
akhlakul karimah dan pembelajaran
berbasis teknologi informasi;
-
Menyelenggarakan pengelolaan lembaga dan kerjasama
yang akuntabel guna mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
TUJUAN
- Menghasilkan pendidikan dan pengajaran yang mendukung nasionalisme,
akhlakul karimah dan pembelajaran
berbasis teknologi informasi
- Menghasilkan
penelitian yang mendukung nasionalisme, berakhlakul karimah dan pembelajaran berbasis teknologi informasi
- Menghasilkan pengabdi pengabdian
masyarakat mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan pengelola pembelajaran berbasis teknologi
informasi
-
Menghasilkan pengelola lembaga dan kerjasama yang
akuntabel guna mendukung nasionalisme, akhlakul karimah dan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
PROFIL LULUSAN
1. Guru Pendidikan Agama Islam
- Mampu menganalisis teori-teori fiqh dalam aspek ibadah, muamalah,
munakahat, dan siyasah sesuai ajaran Syaikh Abdurrahman Siddik dan mazhab-mazhab yang diakui dalam Ahlussunah
waljamah
- Mampu menganalisis asbabun nuzul ayat-ayat al-Qur’an terdapat dalam materi
ajar PAI
- Mampu menganalisis asbabul wurud dan tingkat kesahihah Hadis terdapat dalam
materi ajar PAI secara manual dan aplikasi
- Mampu menganalisis sejarah perkembangan Islam, baik klasik, modern,
kontemporer dan Islam di Bangka Belitung
- Mampu mengkontruksikan teori-teori aqidah dan akhlaq berdasarkan al-Qur’an,
Hadis, Ijtihad (ijmak dan qiyas) dengan perkembangan dunia modern berbasis
digital
- Mampu mengkreasikan pengunaan kaidah-kaidah ilmu Tajwid dalam membaca
al-Qur’an
- Mampu mengkreasikan bacaan ayat-ayat al-Qur’an sesuai kaidah-kaidah ilmu
Qiroah
- Mampu mempertahankan pelaksanaan
tatacara ibadah dan amalan keseharin lainnya (Yasinan, Tahlilan, doa berjamaah
dll) sesuai ajaran Syaikh Abdurrahman Siddik dan mazhab-mazhab yang diakui dalam Ahlussunah
waljamaah
- Mampu menafsirkan makna ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis yang terdapat dalam
materi ajar PAI
- Mampu mengkreasikan hafalan ayat al-Qur’an dalam juz 30
- Mampu mengkreasikan penggunaan bahasa Arab dan Inggris dalam pembelajaran
PAI secara aktif
- Mampu menganalisis
teori-teori kurikulum PAI sesuai jenis kurikulum corralated, integrated, dan
sparated subject curriculum
- Mampu menganalisis teori-teori psikologi pendidikan berdasarkan teori Monistik dan
Fakulti
- Mampu menganalisis teori-teori filsafat pendidikan
dalam pembelajaran menurut aliran Konservatif, Religius-Rasional, dan
Pragmatis
- Mampu mendesain pembelajaran PAI yang dapat
memadukan antara Creative, Critical thinking, Communicative,
dan Collaborative dengan Higher Order
Thinking Skill, serta Gerakan literasi sekolah
- Mampu mengembangkan materi-materi pembelajaran
PAI sesuai dengan kebutuhan era manual dan digital
- Mampu menganalisis konsep
media dan sumber belajar PAI berbasis teknologi informasi
maupun manual
- Mampu mendesain media dan sumber belajar
PAI berbasis teknologi informasi maupun manual
- Mampu mengkreasikan pengelolaan kelas berdasarkan
model interaksi sosial, pembelajaran alam, pusat perhatian, dan klasikal
- Mampu mengkreasikan model- model pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek, berbasis penemuan, dan production basen
education
- Mampu merancang pembelajaran berbasis ICT dengana memanfaatkan media sosial
- Mampu merancang instrument evaluasi pembelajaran berbasis tes dan non-tes berbasis teknologi informasi maupun manual
- Mampu mendesain PTK sebagai
basis pembelajaran
- Mampu menunjukkan sikap keteladanan berbasis etika profesi guru Agama Islam
- Mampu mendesain pembelajaran PAI berbasis tradisi lokal menggunakan huruf Arab Melayu
- Mampu Mengkreasikan Pembelajaran PAI berbasis tradisi lokal menggunakan huruf arab melayu
2. Peneliti Pendidikan Agama Islam
- Mampu
mengklasifikasikan konsep penelitian kuantitatif, kualitatif,
penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
- Mampu
mendesain penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi,
dan penelitian pengembangan.
- Mampu menganalisis data berbasis statistik parametrik dan non-parametrik
- Mampu
merancang instrument penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian
aksi, dan penelitian pengembangan.
- Mampu
mengkreasikan penelitian PAI dalam jenis
penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian
pengembangan.
- Mampu
memainkanperan etika penelitian sesuai norma berlaku dalam
bidang penelitian
- Mampu
menyusun karya tulis ilmiah dari hasil penelitian kuantitatif,
kualitatif, penelitian aksi, dan penelitian pengembangan.
-
Mampu mengkreasikan publikasi karya tulis ilmiah sesuai kaidah-kaidah dan standar karya ilmiah
lingkup nasional dan internasional
3. Pengelola Lembaga/ Institusi Pendidikan Islam dan Umum
- Mampu
menyusun perencanaan pengelolaan lembaga baik jangka pendek, menengah dan
panjang berbasis local wisdom.
- Mampu
menganalisis kebutuhan pengelolaan lembaga pendidikan agama dan umum dengan model analisis organisasi, kinerja, dan kompetensi.
- Mampu
merancang pembiayaan pengelolaan lembaga pendidikan agama dan umum sesuai standar akuntasi pemerintah
- Mampu
mengkreasikan penglolaan dan pengawasan lembaga pendidikan agama dan umum sesuai standar yang
ditetapkan pemerintah RI
- Mampu
menyusun asesmen kebutuhan perencanaan pengembangan kelembagaan Model Rasional-Komperehensif dan Model Disjointed-incrementalis
- Mampu mengkreasikan pengelolaan konflik kepentingan untuk pengembangan lembaga dengan teori Fungsional, teori fungsionalisme Struktural, dan teori konflik .
- mampu Mengembangkan Kebijakan Lembaga Pendidikan secara berkelanjutan
4. Penulis Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam
- Mampu
menganalisis konsep bahan ajar PAI yang mendukung pembiasaan pembelajaran
berbasis IT dan pembelajaran mandiri
- Mampu
mengaitkan kurikulum PAI ke dalam bahan ajar yang mendukung
pembiasaan pembelajaran berbasis IT dan pembelajaran mandiri
- Mampu
memainkanperan etika dalam penulisan bahan ajar PAI yang mendukung pembiasaan belajar mandiri
- Mampu menyusun bahan ajar PAI yang sesuai dengan kurikulum terintegrasi
- Mampu mengkreasikan publikasi bahan ajar PAI mengguanakn sarana berbasis teknologi informasi