Prodi Bahasa Arab

VISI MISI DAN PROFIL LULUSAN PRODI PBA


VISI
"Menjadi Program Studi Unggul, Relegius, Profesional Dalam Menghasilkan Tenaga Pendidik, Peneliti Dan Pengabdi Masyarakat Di Bidang Bahasa Arab Tingkat Nasional Tahun 2029"

MISI
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Dan Pengajaran Yang Inovatif Berbasis Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Arab
  2. Menyelenggarakan Riset Dan Publikasi Ilmiah Dalam Rangka Mengkaji Dan Mengembangkan Keilmuan Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab Untuk Dapat Dijadikan Rujukan Masyarakat
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Yang Inovatif Dan Aplikatif Berdasarkan Hasil Pembelajaran Dan Penelitian Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab Sehingga Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat
  4. Menjalin Kerjasama Bidang Pendidikan Bahasa Arab Dengan Instansi Dan Lembaga Daerah, Nasional Serta Internasional Untuk Meningkatkan Pendidikan Pembelajaran Dan Mutu Lulusan

TUJUAN 


  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab Yang Unggul, Relegius, Profesional Dalam Melaksanakan Pendidikan Dan Pengajaran Yang Inovatif Berbasis Teknologi
  2. Menghasilkan Riset Dan Publikasi Ilmiah Dalam Rangka Mengkaji Dan Mengembangkan Keilmuan Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab Untuk Dapat Dijadikaan Rujukan Masyarakat
  3. Menghasilkan Pengabdian Yang Inovatif Dan Aplikatif Berdasarkan Hasil Pembelajaran Dan Penelitian Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab Sehingga Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat
  4. Menghasilkan Kerjasama Bidang Pendidikan Bahasa Arab Dengan Instansi Dan Lembaga Daerah, Nasional Serta Internasional Untuk Meningkatkan Pendidikan Pembelajaran Dan Mutu Lulusan


PROFIL LULUSAN


1. Guru Bidang Pendidikan Bahasa Arab


  • Mampu berkomunikasi bahasa Arab secara aktif dan pasif dalam proses pembelajaran
  • Mampu merumuskan desain pembelajaran Bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah dalam bentuk SAP, RPP, Buku Ajar dan Modul yang mengacu pada standar nasional pendidikan
  • Mampu mendesain bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah yang mengacu pada standar Nasional Pendidikan dalam bentuk modul, handout, dan/atau buku.
  • Mampu merumuskan capaian pembelajaran Bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar  dan Indikator-indikator
  • Mampu menentukan metode pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah berdasarkan capaian pembelajaran yang dirumuskan sesuai dengan standar pendidikan Nasional
  • Mampu merancang media pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah dalam bentuk elektronik dan non-elektronik
  • Mampu merancang evaluasi pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah sesuai dengan standar nasional pendidikan
  • Mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah dalam bentuk micro dan real teaching.
  • Mampu menguraikan karakteristik peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada
  • Mampu menguraikan teori-teori kebahasaan/ linguistik dalam pembelajaran Bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teori-teori kemampuan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teknik penyusunan bahan ajar pembelajaran Bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah dalam bentuk Buku Ajar atau Modul berdasarkan Permendikbud tentang standar pendidikan Nasional
  • Mampu menguraikan capaian pembelajaran Bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar  dan Indikator-indikator
  • Mampu mengurakan penerapan metode-metode pembelajaran bahasa Arab dalam proses pembelajaran untuk sekolah dasar dan menengah
  • Mampu menguraikan teknik-teknik aplikasi media pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah dalam bentuk elektronik dan non-elektronik.
  • Mampu menuraikan teknik evaluasi pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah.
  • Mampu menguraikan teknik-teknik pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah.
  • Mampu menerapkan nilai-nilai serumpun sebalai dalam pembelajaran bahasa Arab.


2. Peneliti Bidang Pendidikan Bahasa Arab


  • Mampu mendesain proposal penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu melaksanakan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu membuat laporan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu mendiseminasi hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teknik desain proposal penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraian teknik dan prosedur pelaksanaan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teknik pembuatan laporan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu menguraikan teknik-teknik diseminasi hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab dalam bentuk jurnal dan diunggah dalam lama web fakultas.
  • Mampu menerapkan nilai-nilai serumpun sebalai dalam Penelitian pendidikan bahasa Arab


3. Eduenterpreneur

  • Mampu membuat desain bussieness plan di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu membuat produk-produk pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu mendesain pemasaran produk pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Arab melalui media sosial.
  • Mampu menguraikan desain produk pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teknik pembuatan desain bussieness plan di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraikan teknik pembuatan produk pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menguraian teknik pemasaran produk pembelajaran di bidang pendidikan bahasa Arab
  • Mampu menerapkan nilai-nilai serumpun sebalai dalam praktik bisnis pendidikan bahasa Arab


4. Penilus Bidang Pendidikan Bahasa Arab

  • Mampu menulis bahan ajar di bidang pendidikan bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah.
  • Mampu menulis karya ilmiah di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu mendiseminasi karya tulis di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu menguraikan teknik penyusunan bahan ajar di bidang pendidikan bahasa Arab untuk sekolah dasar dan menengah.
  • Mampu menguraikan teknik penulisan karya ilmiah di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu menguraikan teknik diseminasi karya tulis di bidang pendidikan bahasa Arab.
  • Mampu menerapkan nilai srumpun sebalai dalam penulisan buku bahasa Arab