VISI MISI DAN PROFIL LULUSAN PRODI PIAUD
VISI
“Menjadi Pusat studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang Profesional, Agamis, Cendekia dan Unggul (PACU) di Sumatera Tahun 2023”
MISI
- Menyelenggarakan
pendidikan dan pengajaran dalam bidang
pendidikan Islam Anak usia dini yang Profesional,
Agamis, Cendekia dan
Unggul berbasis teknologi
informasi.
- Menyelenggarakan
penelitian dalam bidang pendidikan Islam Anak usia dini yang
Profesional,
Agamis, Cendekia dan
Unggul berbasis teknologi
informasi.
- Menyelenggarakan pengabdian
dalam bidang pendidikan Islam Anak usia dini yang Profesional,
Agamis, Cendekia
dan Unggul berbasis teknologi informasi.
TUJUAN
Menghasilkan
sarjana dalam bidang pendidikan Islam
Anak usia dini yang Unggul, Cendekia,
Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi.
- Menghasilkan
penelitian dalam bidang
pendidikan Islam Anak usia dini yang
Unggul, Cendekia, Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi
Menghasilkan pengabdian dalam
bidang pendidikan Islam Anak usia dini yang
Unggul, Cendekia,
Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi.
- Menghasilkan MoU/ Nota Kesepahaman kerjasama
dalam bidang pendidikan Islam Anak usia dini yang Unggul, Cendekia, Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi.
Menghasilkan
sarjana dalam bidang pendidikan Islam
Anak usia dini yang Unggul, Cendekia,
Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi.
Menghasilkan pengabdian dalam
bidang pendidikan Islam Anak usia dini yang
Unggul, Cendekia,
Agamis dan Profesioonal berbasis teknologi informasi.
PROFIL LULUSAN
1. Guru PAUD
- Mampu
merancang perencanaan pembelajaran pendidikan Islam Anak Usia dini dalam bentuk
Program Tahunan, Program Semester, RPPM dan RPPH sesuai dengan Permendikbud
nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD dan Permendikbud Nomor 146
tahun 2014 Tentang KTSP dan Kurikulum 2013
- Mampu melaksanakan
pembelajaran pendidikan Islam anak usia
dini dengan mengaplikasikan teori :
konsep dasar PAUD, Perkembangan Peserta didik ,Psikologi
perkembangan,teori kecerdasan majemuk menurut
tokoh : Elisabeth Hurlock, Jean Piaget, Howard Gardner, Lev Vygotsky,
Abdullah Nashih Ulwan. (Relevan dengan silabus dan RPS)
- Mampu mengelola
kelas dalam pembelajaran pendidikan
Islam anak usia dini denganmenggunakan strategi pembelajaran anak usia
dini dengan metode dan media yang sesuai untuk anak usia dini menurut tokoh :
Maria Montessori, Bandura, Pestalozzi, Froeble, JJ Rousseu, Ki Hajar Dewantara.
- Mampu mengevaluasi
pembelajaran pendidikan Islam anak usia
dini dalam membuat instrument penilaian,mendeskripsikan hasil perkembangan peserta didik,melaporkan
hasil perkembangan peserta didik sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun
2014 tentang standar penilaian PAUD
- Mampu
menguraikan teori dan teknik perencanaan
pembelajaran pendidikan Islam Anak Usia dini dalam bentuk Program Tahunan,
Program Semester, RPPM dan RPPH sesuai dengan Permendikbud nomor 137 tahun 2014
Tentang Standar Nasional PAUD dan Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 Tentang
KTSP dan Kurikulum 2013
- Mampu
menguraikan teknik pembelajaran
pendidikan Islam anak usia dini dengan mengaplikasikan teori : konsep dasar PAUD, Perkembangan Peserta didik
,Psikologi perkembangan,teori kecerdasan majemuk menurut tokoh : Elisabeth Hurlock, Jean Piaget,
Howard Gardner, Lev Vygotsky, Abdullah Nashih Ulwan.
- Mampu menguraikan
teknik pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan Islam anak usia dini dengan menggunakan strategi pembelajaran anak usia
dini dengan metode dan media yang sesuai untuk anak usia dini menurut tokoh :
Maria Montessori, Bandura, Pestalozzi, Froeble, JJ Rousseu, Ki Hajar Dewantara.
- Mampu menguraikan
teknik evaluasi pembelajaran pendidikan
Islam anak usia dini dalam membuat instrument penilaian,mendeskripsikan hasil perkembangan peserta didik,melaporkan
hasil perkembangan peserta didik sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun
2014 tentang standar penilaian PAUD
- Mampu
mendesain media pembelajaran PAUD dengan memanfaatkan bahan alam lokal Bangka seperti : biji karet,
biji saga, kerang,siput, daun dan buah rumbia
- Mampu menerapkan nilai-nilai lokal “asak budu ge saro” dalam pembelajaran di bidang PAUD
- Memiliki sikap teladan, pengayom dan pelindung sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam dalam Al-Quran dan Habis
2. Peneliti Bidang PAUD
- Mampu
mendesain proposal penelitian dalam bentuk perumusan latar belakang, perumusan
masalah, instrumen penelitian dan metodologi penelitian yang sesuai dengan
karakteristik PIAUD dan Peraturan
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44
Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Penelitian
- Mampu meneliti
di bidang PIAUD dalam bentuk makalah, mini reseach dan skripsi sesuai
dengan kaidah ilmiah sesuai dengan Standar Nasional Penelitian Pendidikan
Tinggi dalam Permenristekdikti Pasal 46 bagian keempat nomor 44 tahun 2015
mengenai Standar proses penelitian
- Mampu membuat
laporan penelitian di bidang PIAUD dalam bentuk makalah, mini reseach
dan skripsi sesuai dengan Standar Nasional Penelitian Pendidikan Tinggi dalam
Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 Pasal
44 bagian kedua mengenai Standar hasil
penelitian
- Mampu
mendiseminasikan penelitian di bidang PIAUD dengan mengunggahnya di laman Online
Jurnal System (OJS) institute atau fakultas
- Mampu
menguraikan teknik mendesain proposal penelitian dalam bentuk perumusan latar
belakang, perumusan masalah, instrumen penelitian dan metodologi penelitian
yang sesuai dengan karakteristik PIAUD
dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik
Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional
Penelitian
- Mampu
menguraikan teknik meneliti di bidang PIAUD dalam bentuk makalah, mini
reseach dan skripsi sesuai dengan kaidah ilmiah sesuai dengan Standar
Nasional Penelitian Pendidikan Tinggi dalam Permenristekdikti Pasal 46 bagian
keempat nomor 44 tahun 2015 mengenai Standar proses penelitian
- Mampu
menguraikan teknik membuat laporan penelitian di bidang PIAUD dalam bentuk
makalah, mini reseach dan skripsi sesuai dengan Standar Nasional
Penelitian Pendidikan Tinggi dalam Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 Pasal 44 bagian
kedua mengenai Standar hasil penelitian
- Mampu
menguraikan teknik mendiseminasikan penelitian di bidang PIAUD dengan mengunggahnya di laman
institute atau fakultas
- Mampu menerapkan nilai-nilai adat Bangka “asak kawa ge pacak” dalam penelitian di bidang PAUD.
- Mampu bersikap ilmiah dan obyektif dalam penelitian di bidang PIAUD sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah penelitian pendidikan tinggi dalam peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi republik indonesia No 44 Tahun 2015 Bab III tentang standar nasional penelitian
3. Pengelola PAUD
- Mampu
merencanakan desain program lembaga
pendidikan anak usia dini dalam bentuk Program Tahunan dan Program Semester
sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu
mengorganisasikan Program lembaga pendidikan anak usia dini dalam bentuk
Program Tahunan dan Program Semester sesuai dengan Permendikbud Nomor 137
tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu
mengevaluasi kinerja guru dan pegawai dalam menjalankan program lembaga
pendidikan anak usia dini dalam bentuk Program Tahunan dan Program Semester
sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu memimpin
lembaga pendidikan Islam anak usia dini sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen
kepemimpinan PAUD.
- Mampu
memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dengan kolega, sejawat baik di
dalam maupun di luar lembaganya dalam konteks manajemen PAUD;
- Mampu menguraikan
teknik perencanaan desain program lembaga
pendidikan anak usia dini dalam bentuk Program Tahunan dan Program Semester
sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu
menguraikan teknik pengorganisasikan Program lembaga pendidikan anak usia dini
dalam bentuk Program Tahunan dan Program Semester sesuai dengan Permendikbud
Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu menguraikan
teknik evaluasi kinerja guru dan pegawai dalam menjalankan program lembaga
pendidikan anak usia dini dalam bentuk Program Tahunan dan Program Semester
sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD
- Mampu menguraikan
teori dan teknik kepemimpinan lembaga pendidikan Islam anak usia dini sesuai
dengan prinsip-prinsip manajemen kepemimpinan PAUD.
- Mampu menguraikan
teknik pengembangan jaringan kerja sama dengan kolega, sejawat baik di dalam
maupun di luar lembaganya dalam konteks manajemen PAUD;
- Mampu menerapkan nilai-nilai adat “serumpun sebalai, sepintu sedulang,selawang segantang,sejiran setason” dalam pengelolaan PAUD.
- Bersikap kreatif dan inovatif sesuai dengan nilai-nilai edutainment